Longalo River Tubing: Alternatif Outbond Seru yang Menantang




MENGISI liburan dengan berwisata ke pantai atau mendaki gunung merupakan hal wajar. Tapi tak ada salahnya sesekali mengubah agenda liburan dengan wisata outbond. 

Menikmati keindahan alam, menyusuri aliran sungai sekaligus memacu adrenalin. Tak perlu jauh-jauh, apalagi harus keluar daerah untuk menikmati semua itu. Sensasi seru dibalut keindahan alam bisa dijumpai di daerah ini.

Longalo River Tubing. Demikian nama destinasi wisata yang memadukan keindahan dan tantangan alam. Objek wisata ini terletak di Dusun IV, Desa Longalo, Kecamatan Bulango Utara, Bone Bolango. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Gorontalo. Atau bisa ditempuh lebih kurang 30 menit menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Sebelum menuju ke lokasi river tubing, pengunjung terlebih dahulu berkumpul di base camp yang berada di dusun I Desa Longalo. Tepatnya di rumah Kepala Desa Longalo. Di tempat itu, pengunjung mempersiapkan diri dengan mengenakan peralatan pengamanan. Seperti baju pelampung, helm serta alat pelampung karet (raft) berbentuk bulat.

Dari lokasi base camp, pengunjung akan melanjutkan perjalanan ke titik start lokasi river tubing. Jaraknya sekitar 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan masyarakat setempat. Jalan tanah dengan rimbun pepohonan, semilir angin sepoi-sepoi yang sejuk serta lantunan merdu gemercik air yang menerpa bebatuan, membawa pengunjung langsung menikmati suasana alami.

Sensasi seru Longalo River Tubing diawali dengan aliran sungai yang tenang dengan air yang jenih dan sejuk. Seiring bergulirnya waktu, degup jantung dan adrenalin pengunjung mulai dipacu ketika aliran sungai mulai berarus. Dan puncaknya, bersiaplah-siaplah sensasi jeram. Wooow..pengunjung akan berselancar bersama arus sungai yang menyusuri di antara bebantuan. 

Masih belum puas? Tenang... Ada enam titik jeram di rute Longalo River Tubing. Dari enam titik tersebut tiga di antaranya tergolong ekstrim. Rute Longalo River Tubing memiliki panjang 2,6 kilometer. Rute tersebut ditempuh lebih kurang 3 jam mengikui aliran sungai dengan kondisi arus dan jeram serta kedalaman sungai bervariasi. 

Sensasi lainnya adalah terjun bebas ke dalam sungai dengan kedalaman lebih kurang 2 meter. 

“Petualangan yang didapat akan berbeda-beda. Saat arus tenang akan terasa nyaman. Begitu pula ketika arus deras dan jeram akan menguji nyali dan adrenalin,” ungkap Kepala Desa Longalo Sarton Supu.

Tertarik ingin mencoba, jangan tunggu lama. Informasi lebih lanjut dan reservasi Longalo bisa menghubungi pengelola Longalo River Tubing di facebook ataupun instragram Lolango River tubing.

Comments